Selasa, 27 Desember 2016

Ini yang Perlu Kita Ajarkan pada Anak Mengenai Fitnah Dajjal

Tidak ada satu pun makhluk sejak Adam diciptakan hingga terjadinya kiamat yang fitnahnya (cobaannya) lebih besar dari Dajjal.” (HR. Muslim no. 2946)

Ini yang Perlu Kita Ajarkan pada Anak Mengenai Fitnah Dajjal


Imam An-Nawawi radhiyallahu anhu menjelaskan, “Yang dimaksud di sini adalah tidak ada fitnah dan masalah yang lebih besar daripada fitnah Dajjal.”

Sahabat Ummi, kita sudah berada di akhir zaman, akhir dari dunia ini, fitnah terbesar yakni fitnah dajjal perlahan kita rasakan, maka perlu sekali kita menjelaskan pada putra-putri kita mengenai apa itu fitnah dajjal dan bagaimana cara untuk menghindarinya.

“Aku peringatkan kalian terhadapnya. Tidak ada seorang nabi kecuali memperingatkan umatnya tentang Dajjal. Nuh telah memperingatkan umatnya tentang Dajjal. Tetapi aku akan sampaikan kepada kalian sesuatu yang tak pernah disampaikan oleh seorang Nabi (sebelumku) kepada kaumnya: Sesungguhnya Dajjal itu buta sebelah matanya, dan sesungguhnya Allah tidak buta sebelah matanya.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Berikut ini hal yang perlu kita beritahukan agar anak-anak mempersiapkan diri menghadapi fitnah besar akhir zaman:

1. Meminta perlindungan Allah ketika shalat (duduk di antara 2 sujud)

Sebelum salam, berdoalah sebagaimana yang Rasulullah ajarkan dalam salah satu haditsnya:

"Jika salah seorang di antara kalian melakukan tasyahud, mintalah perlindungan pada Allah dari empat perkara: Ya Allah, aku meminta perlindungan pada-Mu dari siksa Jahannam, dari siksa kubur, dari fitnah hidup dan mati, dan dari kejelekan fitnah Al Masih Ad Dajjal” (HR. Muslim no. 588)

 2. Menghafal 10 ayat awal surah Kahfi

Hafalkan dan pahami 10 ayat awal surah Al Kahfi, yakni surah ke-18 dalam Al Quran, yang memang disunahkan untuk senantiasa dibaca setiap hari Jumat.

“Barangsiapa menghafal sepuluh ayat pertama dari surat Al Kahfi, maka ia akan terlindungi dari (fitnah) Dajjal” (HR. Muslim no. 809).

3. Membaca 10 ayat terakhir surah Kahfi

Selain 10 ayat awal, disunahkan juga membaca dan memahami 10 ayat terakhir surah Al Kahfi, yang di dalamnya menceritakan juga kisah Dzulkarnain dan pembangunan tembok Ya'juj Ma'juj.

“Barangsiapa membaca sepuluh ayat terakhir dari surat Al Kahfi, maka ia akan terlindungi dari fitnah Dajjal.” (HR. Ahmad 6: 446)

4. Menjauhi Dajjal bahkan jika kita merasa diri hebat dan kuat keimanannya

Ajarkan anak-anak kita mengenai dahsyatnya pengaruh Dajjal, sehingga kita disunahkan untuk menjauhinya jika sudah tersiar kabar akan kedatangannya.



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Ini yang Perlu Kita Ajarkan pada Anak Mengenai Fitnah Dajjal

0 komentar:

Poskan Komentar