Kamis, 22 Desember 2016

Inilah 4 Hal yang Perlu Dipersiapkan Wanita Sebelum Menikah

Kalau mau masuk dunia kerja saja kita memerlukan
berbagai persiapan baik fisik,
mental, maupun keahlian, apalagi untuk memasuki gerbang pernikahan, tentu saja ada banyak hal yang perlu dipersiapkan dan dipelajari.

Inilah 4 Hal yang Perlu Dipersiapkan Wanita Sebelum Menikah


Terutama untuk kaum wanita, banyak yang beranggapan menikah hanya sekadar ending pada sebuah kisah dongeng fantasi, padahal setidaknya ada 4 hal yang perlu dipersiapkan sebelum memasuki sebuah pernikahan, berikut di antaranya:

1. Kemampuan mengatur keuangan
Tugas seorang istri adalah menjaga harta suaminya setelah ia dinikahi, bukan sekadar membelanjakannya, maka penting belajar mengelola keuangan sejak sebelum menikah, bagaimana bisa mencukup-cukupi uang yang sebenarnya kurang cukup, atau bahkan tetap bisa menabung di saat penghasilan tak besar. Rem kebiasaan berbelanja atau menghabiskan uang untuk hal yang kurang penting! Jangan sampai harta suami habis karena istri tak pandai memeliharanya.

"Sebaik-baik wanita adalah yang apabila kamu memandangnya menyenangkanmu, bila kamu memerintahkannya manaatimu, bila kamu tidak berada di sampingnya dia memelihara hartamu dan memelihara dirinya." (HR. Baihaqi)

2. Kemampuan berkomunikasi dan beradaptasi dengan orang lain
Seseorang yang memiliki karakter egois biasanya selalu menuntut untuk dituruti seluruh keinginannya, juga senantiasa ingin orang lain memaklumi dan memahami dirinya. Oleh sebab itu bagi yang berkarakter egois, sebelum masuk gerbang pernikahan perlu mempersiapkan diri untuk mengurangi kadar keegoisan sampai level rendah, yakni bersedia menjalin komunikasi dan mencoba beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Jangan melulu menuntut orang lain yang mengikuti diri kita!

3. Persiapan mental dan ilmu agama mengenai hubungan seks
Begitu pentingnya masalah seksual di dalam pernikahan, sampai-sampai tiap wanita perlu mempelajari hal ini secara mendalam dan sungguh-sungguh. Termasuk adab berjima', doa berjima', apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan dalam berjima', dan berbagai ilmu seksual lainnya.

“Demi Allah, yang jiwa Muhammad berada di tangan-Nya, seorang wanita tidak akan bisa menunaikan hak Allah sebelum ia menunaikan hak suaminya. Andaikan suami meminta dirinya padahal ia sedang berada di atas punggung unta, maka ia (istri) tetap tidak boleh menolak.” (Ibnu Majah, Ahmad, Ibnu Hibban dari Abdullah bin Abi Aufa ra)

4. Kesiapan untuk menerima kodrat perempuan sebagai pengikut, bukan pemimpin
Sekalipun terbiasa memimpin, begitu seorang wanita menikah, maka statusnya akan berganti menjadi pengikut suaminya. Nah, banyak perempuan yang memasuki gerbang pernikahan dalam posisi tidak siap dipimpin, sehingga terjadi banyak kekisruhan dalam rumah tangga.

Pernah ditanyakan kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Siapakah wanita yang paling baik?” Jawab beliau, “Yaitu yang paling menyenangkan jika dilihat suaminya, mentaati suami jika diperintah, dan tidak menyelisihi suami pada diri dan hartanya sehingga membuat suami benci” (HR. An-Nasai no. 3231 dan Ahmad 2: 251. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan shahih)

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Inilah 4 Hal yang Perlu Dipersiapkan Wanita Sebelum Menikah

0 komentar:

Poskan Komentar