Senin, 13 Maret 2017

Inilah Dua Ayat yang Membuat Rasulullah Menangis Tersedu-Sedu

Allah memiliki beberapa ayat yang difirmankan dalam
kitab suci Al-Qur’an. Dalam setiap ayat mengandung kebaikan apabila kita membaca dan mengamalkan kandungan ayat itu. Dua ayat yang membuat Rasulullah menangis tersedu-sedu menunjukkan keagungan dan kebesaran Allah sebagai Maha Pencipta. Lalu ayat apa yang bisa membuat Nabi menangis?






Inilah Dua Ayat yang Membuat Rasulullah Menangis Tersedu-Sedu
Allah adalah Maha Pencipta. Dia telah menciptakan langit dan bumi serta semua isinya. Hal ini membuktikan bahwa Allah Maha Besar dan Maha Kuasa. Selain itu, adanya ciptaan Allah menjadi bukti keberadaan Allah. Apabila kita memahami bagaimana diri kita secara lebih dalam, maka kita akan menemukan betapa kecilnya diri kita dibanding ciptaan Allah lainnya.

Sebuah dalil menjelaskan bahwa pada pergantian siang dan malam, penciptaan bumi dan langit, merupakan tanda keberadaan Allah. Umat muslim akan senantiasa menyebut nama Allah dalam setiap keadaan, baik duduk, berdiri, ataupun berbaring. Apabila mereka menyadari ciptaan Allah, seperti langit dan bumi maka mereka akan mengagungkan Allah untuk meminta perlindungan dari api neraka.

Ayat ini diturunkan Allah saat Nabi sedang shalat malam. Setelah itu, beliau langsung saja tersungkur sambil menangis karena beliau tidak dapat memahami sungguh dalamnya makna ayat tersebut, bahkan tidak dapat menjelaskan dengan cukup kata-kata. Saat-saat Rasulullah tertawa dan menangis selalu disertai dengan hikmah di dalamnya.

Karena heran dan tidak pernah melihat Nabi menangis hingga seperti ini, maka istrinya bernama Aisyah bertanya. Terdapat dua perkara yang membuat Nabi hingga menangis tersedu-sedu.

Pertama, beliau menyadari betapa besarnya kekuasaan yang dimiliki Allah atas seluruh apa yang ada di alam semesta ini. Allah menciptakan semua ini dengan penuh perhitungan yang dibuktikan dengan pergantian siang malam, keberjalanan bumi dan planet lain secara teratur. Tidak ada yang bisa menciptakannya kecuali Allah Sang Maha Kuasa. Sedangkan, perkara kedua adalah beliau menyadari bahwa segala rahasia yang ada di alam semesta ini tidak akan pernah dapat diungkapkan kecuali dengan penelitian dan pengamatan secara seksama melalui proses berpikir atau tafakur. Meskipun sudah banyak pengetahuan mengenai alam semesta ini, tapi masih terdapat banyak misteri yang berada di dalam ini. Ternyata ini yang membuat Rasulullah menangis.

Apabila kita melalui proses berpikir, maka semakin lama beberapa rahasia itu akan terungkap. Dengan berpikir dan usaha, maka kita akan mendapatkan petunjuk dari Allah. Selain itu, kita akan lebih menyadari bahwa kita merupakan hamba Allah yang harus selalu menyembah-Nya. Secara otomatis kita akan mengakui kebesaran Allah secara tulus dan ikhlas.

Semua mempunyai manfaat yang besar bagi kehidupan manusia. Kesadaran ini membuat kita menjadi lebih dekat dengan Allah karena selalu mengingat-Nya dalam kondisi apa pun. Bahkan, kita harus berusaha ketika bernapas hanya nama Allah yang keluar. Ayat yang membuat nabi menangis pastinya memiliki keagungan Allah di dalamnya.

Sebagai seorang muslim, kesadaran akan hal ini sangat penting untuk meningkatkan keimanan seseorang. Menyembah Allah merupakan tujuan mengapa kita hidup di dunia ini. Oleh karena itu, jangan sampai kita melalaikan akan tanggung jawab sebagai seorang hamba. Selain itu, dengan meyadari keagungan Allah, kita akan sadar bahwa Allah selalu mengawasi perbuatan kita di dunia. Meskipun itu masih di dalam hati atau pikiran sekalipun. Mungkin kita bisa menipu seserang, tapi kita tidak bisa menipu Allah Sang Maha Melihat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Inilah Dua Ayat yang Membuat Rasulullah Menangis Tersedu-Sedu

0 komentar:

Poskan Komentar