Minggu, 19 Maret 2017

Teh Ninih: Orangtua Adalah Contoh Bagi Anaknya

Menurut Teh Ninih, untuk mendapatkan anak yang saleh,
orangtua harus memenuhi hak anak terlebih dahulu. Tiga hak itu adalah ibu yang baik, nama yang baik, dan anak tersebut diajarkan al-Quran.








“Tipe anak itu ada berbagai macam. Ada yang jadi ujian buat kita. Ada juga yang menjadi qurata a’yun bagi kedua orangtuanya. Ibu mau anak yang bagaimana?” tutur Ninih Muthmainnah (Teh Ninih) saat Road Show Dakwah bersama Dompet Peduli Ummat (DPU)



Daarut Tauhiid, pada Selasa (17/2).

Menurutnya, untuk mendapatkan anak yang saleh, orangtua harus memenuhi hak anak terlebih dahulu. Tiga hak itu adalah ibu yang baik, nama yang baik, dan diajarkan al-Quran.

“Dulu, ada yang melapor pada Khalifah Umar r.a tentang kelakuan anaknya yang nakal. Tapi, Khalifah bertanya terlebih dahulu mengenai tiga hak orangtua terhadap anak tersebut. Jadi, kalau anak tidak saleh teh, karena kitanya yang belum saleh,” ungkapnya.

Ada tiga contoh baik yang harus diberikan orangtua kepada anaknya. Pertama, contoh dalam keyakinan, kesabaran, dan akidah. Kedua, contoh dalam beribadah. “Kalau anak pengen rajin tahajud, contohin sama kita sebagai orangtuanya,” ujarnya.

Ketiga, orangtua harus memberikan contoh yang baik dalam berakhlak. “Ingat bapak-bapak dan ibu-ibu yang buruk bisa menularkan keburukannya kepada anaknya. Kenapa? Karena anak-anak itu selalu mencontoh yang dilakukan orangtuanya,” jelasnya.

Mengakhiri tausiahnya, Teh Ninih mendoakan jamaah dan keluarganya. “Ya ayyuhal ladzi na amanu, ku anfusakum wa ahlikum naro. Semoga Allah menjaga kita dan keluarga kita dari api neraka,” pungkasnya.




ww.daaruttauhiid.org

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Teh Ninih: Orangtua Adalah Contoh Bagi Anaknya

0 komentar:

Poskan Komentar